"Malam Langit Gelap" Sabtu 06 Agustus 2016 Apa Yang Akan Anda Lihat ?

On 12:17:00 AM with No comments


Sabtu 06 Agustus 2016, LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) akan merencanakan 'Malam Langit Gelap' tanpa cahaya lampu mulai jam 20:00 sampai dengan 21:00 di zona waktu masing-masing.

Malam Langit Gelap tanpa cahaya lampu tersebut untuk Memperingati Hari Keantariksaan Nasional, kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin.

Masyarakat mudah-mudahan bisa berpartisipasi di acara 'Malam Langit Gelap' untuk mematikan lampu di luar ruangan atau area luar pada jam 20:00 sampai 21:00 zona waktu masing-masing, supaya kita bisa melihat dengan jelas indahnya malam dengan milyaran bintang dari utara sampai selatan.

Jika seluruh warga Indonesia pada jam 20:00 sampai 21:00 di zona waktu masing-masing mematikan lampu, semua orang akan melihat bintang yang tersusun segitiga dan bintang tersebut legendaris di Jepang atau yang lebih dikenal dengan nama 'Gingga'.

Bintang yang tersusun segitiga tersebut terdiri dari Bintang Altair, Bintang Vega, Bintang Deneb, atau dengan sebutan 'Segitiga Musim Panas', kata Thomas.

Thomas menambahkan khusus besok hari sabtu 06 Agustus 2016 masyarakat bisa lihat Bintang Mars, Bintang Saturnus dan Bintang Raksasa Merah Anteres dalam bentuk segitiga.

Malam Langit Gelap tampa cahaya setidaknya bisa melihat Bintang Saturnus yang jarang terlihat karena terhalang gemerlap cahaya, dan jika ingin melihat cincinya harus menggunakan teleskop, kata Thomas.

Masyarakat Indonesia hari sabtu 06 Agustus 2016 bisa melihat dengan mata sendiri rasi Bintang Kalajengking, rasi Bintang Salib Selatan dan rasi Bintang Angsa
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »